Menu

Cara Memakan Madu Sarang Lebah beserta manfaatnya

0 Comments


ara Memakan Madu Sarang Lebah beserta Manfaatnya.

Memakan madu sarang lebah langsung dari sarangnya itu punya sensasi yang berbeda loh. Terasa lebih gurih dan kenyal-kenyal gitu ketika menggigit sarangnya. Kalian pernah makan permen karet? Mirip seperti itulah tekstur sarang lebahnya. Hanya saja, sarang madu ini boleh dan aman dimakan. Saya sudah menuliskan hal ini disini.

Madu di dalam sarang madu adalah madu yang paling murni. Sarang lebah tersebut adalah produk alami yang dibuat oleh lebah untuk menyimpan larva, madu, dan serbuk sari. Jadi, sarang lebah atau madu sarang tersebut bisa dan aman dimakan, termasuk sel lilin dan madu mentah yang dikandungnya.

Madu mentah kaya akan enzim dan antioksidan, sedangkan lilin lebah mengandung asam lemak rantai panjang dan alkohol yang semuanya dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Lalu, Bagaimana cara memakannya?

Cara Memakan Madu Sarang Lebah
Ada beberapa cara memakan madu sarang lebah, namun saya hanya tau tiga cara ini :

  1. Memakan secara langsung. Cara memakan madu sarang lebah yang paling simpel adalah dengan cara memakannya secara langsung. Potong madu sarang lebah menjadi bagian yang kecil, baca doa, makan deh. Nikmati sensasi gurih sarang lebah yang kenyal itu.
  2. Mencampurkannya dengan roti panggang. Di beberapa restoran, mereka menyajikan madu sarang itu diatas roti yang baru saja dipanggang. Sarang lebah yang terkena roti yang hangat akan menjadi lebih lembut dan lebih harum.
  3. Memakannya dengan keju. Restoran kelas atas menyajikan madu sarang lebah ini dengan bebeapa kreasi. Salah satunya, meletakkan sarang lebah diatas cracker yang sudah dilapisi keju yang enak. Yuhuuu… Menyelerakan sekali kan

Begitulah cara memakan madu sarang lebah yang sering ditemui. Kalian, sudah pernah makan madu sarang lebah?

Kalau belum, kuy cobain ah. Selain rasanya yang enak, manfaatnya juga banyak loh.

Manfaat Mengonsumsi Madu Sarang Lebah

Pada setiap 100 gram madu sarang lebah, mengandung 391 kalori dan juga mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan.
Kandungan sodium pada madu sarang lebah sekitar 563 miligram, mineral (potassium) sebesar 115 miligram, karbohidrat total sekitar 89 gram, protein 3 gram, dan mengandung sedikit serat pangan.

Dengan nutrisi diatas, madu sarang lebah mempunyai 7 manfaat sebagai berikut:

  1. Membantu menyeimbangkan kolesterol. Jurnal Experimental Biology and Medicine pada Maret 2004 mengungkapkan kandungan di dalam sarang madu bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik tubuh.
    2. Mempercepat penyembuhan luka. vitamin dan mineral potassium sangat ampuh untuk memperbaiki sel yang rusak dan mempercepat penyembuhan. Selain itu, madu sarang lebah juga memiliki zat anti-mikroba alami yang bermanfaat mencegah infeksi bakteri pada jaringan yang rusak.
    3. Melindungi fungsi hati
    Madu sarang lebah mengandung banyak antioksidan yang berguna bagi tubuh manusia. Salah satu manfaat antioksidan tersebut adalah untuk melindungi organ hati manusia.
    4. Memperkuat ketahanan saluran pernapasan. Mengonsumsi madu sarang lebah dengan cara mengunyah dapat mencegah infeksi dan juga memperkuat saluran pernapasan pada sinus dan sekitar hidung.
    5. Mengobati Flu. Mengunyah sarang lebah selama 4-6 jam akan lebih mudah meredakan gejala flu.
    6. Membantu proses metabolisme glukosa.
    Tubuh manusia membutuhkan glukosa untuk menghasilkan energi. Dan kandungan alkohol lilin pada sarang lebah dapat meningkatkan metabolisme glukosa sehat dalam tubuh manusia. Hal ini akan membuat kita lebih berenergi jika mengonsumsi madu sarang lebah.
    7. Menjaga kesehatan mulut. Zat anti bakteri pada honeycomb sangat bermanfaat untuk membersihkan dan menyembuhkan infeksi pada gigi dan gusi. Selain memperkuat gusi, sarang lebah juga membantu menghilangkan plak pada gigi.

MasyaAllah begitu banyak manfaat madu sarang lebah ini ya. Namun, melihat manfaatnya yang banyak dan rasanya yang enak, jangan sampai berlebihan ya dalam mengonsumsi madu sarang lebah.

Sarang dan getah madu yang cenderung sulit dicerna dan dapat memicu gangguan pencernaan jika dikonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering.
Dikhawatirkan getah madu dan honeycomb dapat terakumulasi pada lambung menyembabkan obstruksi dan penyumbatan saluran pencernaan menuju usus.

Madu sarang lebah sangat sedikit mengandung air. Hal ini akan menyulitkan sistem pencernaan untuk melakukan pemecahan. Oleh karena itu, batasi porsi konsumsi madu sarang lebah ya.

Kalian cukup mengonsumsi 100 gram madu sarang lebah dalam satu kali konsumsi. Setiap 100 gram madu sarang mengandung 391 kolori. Porsi tersebut sudah memenuhi seperlima kebutuhan kalori harian kita.

Mengonsumsinya juga tidak perlu setiap hari ya, cukup tiga kali per minggu.
Jika kalian sedang melakukan pengobatan dengan madu sarang lebah, maka ikuti aturan makan madu sarang lebah yang dianjurkan dokter atau berkonsultasilah dengan ahli gizi.

Tag: , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *